Kronologi Penembakan Pengawal Habib Rizieq Versi Polisi, Anggota Diserang dengan Senjata Api

Kronologi Penembakan Pengawal Habib Rizieq Versi Polisi, Anggota Diserang dengan Senjata Api

JAKARTA- Enam dari 10 pengikut Habib Rizieq Shihab (HRS) tewas ditembak polisi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 50 pada Senin (7/12) dini hari. 

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengungkapkan penembakan tersebut dilakukan lantaran pengikut Rizieq melakukan penyerangan terhadap polisi.

Baca juga: Kronologi Penembakan Pengawal Habib Rizieq Versi FPI, Laskar Dibantai

Berikut ini kronologi peristiwa itu menurut keterangan polisi:

  • Polisi mendapat informasi soal rencana sekelompok massa yang hendak mengawal Habib Rizieq yang dijadwalkan menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya. Polisi kemudian menyelidiki dan menurunkan pasukan untuk mengantisipasi potensi kerawanan keamanan.
  • Polisi kemudian berhasil mengidentifikasi pergerakan massa pendukung Habib Rizieq. Pembuntutan pun dilakukan di Tol Jakarta-Cikampek.
  • Pada Senin (7/12) sekitar pukul 00.30 WIB di jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 50, telah terjadi penyerangan terhadap anggota Polri yang sedang melaksanakan tugas penyelidikan terkait rencana pemeriksaan MRS yang dijadwalkan berlangsung hari ini jam 10.00 WIB.
  • Pengikut Rizieq menyerang polisi menggunakan senjata api.
  • Anggota yang terancam keselamatan jiwanya karena diserang, kemudian melakukan tindakan tegas dan terukur terhadap 10 orang pengikut Habib Rizieq, sebanyak 6 pengikut Rizieq di antaranya meninggal dunia.(yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: